Senin, 13 Juli 2009

Saya Penyiar


"Dini, masih siaran di Volare?"

Yeah, pertanyaan itu paling sering diajukan tiap kali saya ketemuan sama teman lama maupun teman baru yang ga terlalu deket tapi tau kalo saya penyiar.

"Oooh, Dini penyiar di Volare kah? Udah brapa lama siarannya?"

Nah, kalo pernyataan dan pertanyaan itu biasanya keluar dari ikhwah sesama kader, yang diajukan baik ketika apel siaga, aksi simpatik, maupun kampanye dialogis.

Begitulah. Eksistensi saya sebagai penyiar, menurut saya, adalah salah satu hal yang membuat saya agak sedikit diperhitungkan di atas muka bumi ini. Saya inget, ketika dulu saya pertama kali masuk MAN 2 Pontianak, jamannya saya masih bawa hawa bandel bin ajaib dan suka ngelawan senior *muuup banget yang pernah saya berontakin* :y Hmm, saya diseret, trus ditanyain sama senior, "Oooh, kamu yang namanya Dinie Hazel yang scriptwriter Volare itu?" :f

POPULER juga ya saya!! :p

Yeah, percaya ga percaya, perjalanan saya di Radio Volare sudah genap 6 tahun. Sejak Juli 2003, sampai hari ini Juli 2009. Betul sekali, saat itu saya baru tamat SMP, bahkan nerima ijazah kelulusan SMP aja belom. Saya gandrung sama Radio Volare mulai dari kelas 3 SMP, ga pindahpindah stasiun radio laen, seriues. Dari pagi bangun tidur dengerin berita, sampe udah mau tidur dengerin Tune Tutup Siaran *saya tau namanya itu, ya karena akhirnya saya jadi bagian dari Radio Volare*. Sebuah perjalanan yang sudah direkayasa Allah.

Beberapa orang menyangka bahwa rintisan pengalaman saya di Radio Volare berawal mula karena dibantu Bapak saya. Maksutnya, saya bisa kerja (baca: menggali potensi) di sana, garagara Bapak saya, begitu. Padahal, sungguh, sedikitpun Bapak saya sama sekali ga tau apaapa dan ga ikutcampur urusan saya sampe saya bisa mingle ke Radio Volare. Proses keberadaan saya di Radio Volare, pernah saya ceritakan dengan singkat di halaman ini. Sebuah perjuangan, yang rasanya kok 'keringatnya' manis banget ya? Sama sekali tak pernah saya rasakan lelah waktu itu. Saya mencintai dunia Radio, sangat cinta. Bahkan, menurut Mama saya dan 2 orang tante saya yang membuai saya dalam ayunan waktu saya kecil dulu, "Eri itu ga bisa tidur kalo radio jadulnya dilepas dari pelukan". :o TAKJUB.

Sebenernya saya ga mau percaya gitu aja. Tapi, mama saya punya bukti kuat terhadap statement itu. Fotonya, saya pandang dengan senyuman paling manis yang orang lain tidak miliki *ya iyalah, wong munculnya dari bibir saya* :p Yeah, foto saya sedang memegang radio. Pengen banget majang di sini. Tapi waktu itu saya masih belum hijrah, jadi fotonya agak sedikit seksi :D :$

Yah, jadi begitu, kawan. Betapa saya mencintai siaran, karena di sana saya bisa aktualisasikan diri lewat ucapan. Sebagaimana saya mencintai blogging, yang artinya saya aktualisasikan diri lewat tulisan. Dan satu hal penting adalah: suara wanita adalah aurat. Sayang sekali, siaran berarti 'menebar' suara yang notabene aurat wanita kepada khalayak rame. Benarkah begitu maksutnya? :c

Sebetulnya, hati saya sedih dan pedih *dan sekarang saya udah ampir mau nangis* ngebayangin suatu hari saya akan ninggalin Radio Volare, yang dijadikan Allah sebagai tempat awal mula bagi saya untuk 'diperhitungkan' oleh beberapa orang.

Menjadi dosen tamu di Poltekkes, dikasi embel2 penyiar Volare.

Ditawarin jadi juri debate, dikasi embel2 penyiar Volare.

Jadi Tentor Bahasa Inggris di SSC, dikenalinnya malah sebagai penyiar.

Ketemu kader laen yang penyiar radio dakwah, disapanya: "Nah, ini Dini penyiar Volare"

Sudah melekat, seperti LEM!! Dinie dan Volare. Hampir di mana aja. Padahal saya selalu berusaha nyembunyiin profesi saya sebagai penyiar ketika saya mengajar, namun apa daya sudah kodratnya Radio menjadi media yang dipancarluaskan ke seantero kota, minimal Pontianak dan sekitarnya. Maka, begitu saya bicara, dan begitu lawan bicara saya ini kebetulan adalah pendengar setia Volare, ketangkep basahlah saya di situ. Dan ini terjadi berkalikali.

Jujur saja, sampai hari ini pun, kalau ditanya apakah saya masih memilih untuk siaran atau nggak *siaran di Radio Volare, tentu saja* saya ga akan minta option. Karena saya udah tau mau jawab apa. Untuk saat ini, tolong izinkan saya menjejakkan sisa infiltrasi amanah dakwah melalui media, yang orang lain belum dikasi kesempatan sama Allah. Tapi saya sangat yakin, halhal dan tempat yang baik pasti akan Allah jagakan, jadi untuk apa saya terlalu khawatir toh ;)

Maka, jika suatu hari nanti saya berada pada posisi harus bersedih hati meninggalkan kantor sekaligus Radio Volare tercinta *astaghfirullah, kenapa saya nangis?*, itu berarti sudah pasti akan ada kantor lain yang lebih indah, lebih tertata, dan membuat saya merasa lebih terjaga bersama segala yang ada di dalamnya. Serius, suara saya yang paling merdu juga untuk orangorang tercinta aja kok :) :L Dan tidak menjadi penyiar juga tidak menzalimi saya, beneran. Maka, tolong bantu eksplore semangat saya ya, lewat doa setiap hari. Ga usah berhenti menyemangati diri, karena kita sudah sepakat untuk samasama percaya. WE WILL!!

**tenang aja, saya ga mungkin 'selamanya' jadi penyiar** ;)

1 komentar:

  1. dan saya, barangkali, adalah satusatunya penyiar radio di dunia ini yang ga begitu banyak tau lagulagu *baik barat atopun indonesia yang lagi digandrungin abege ato orang dewasa.. yeah, kecuali lagunya embah surip.. :(

    BalasHapus

Thank you to read. And much more thanks to comment :)

 

Sharing idea. Sharing things. Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon blogger template for web hosting Flower Image by Dapino