Senin, 25 Maret 2013

Belajar Bahasa Arab: Hobi


Alhamdulillaah, saya diajak oleh Kak Yeti Lismani untuk bergabung di grup WhatsApp Belajar Bahasa Arab. Berikut materi yang disampaikan di grup tersebut:

ﺃﻟﻬﻮﺍ ﻳﺔ al hiwayah : hobi

ﻣﺎﻫﻮﺍﻳﺘﻚ؟ ma hiwayatuka? : apa hobimu?

ﻫﻮﺍﻳﺘﻲ ﺍﻟﻘﺮﺍءﺓ hiwayati al qira ah : hobi saya membaca

selain membaca ada juga :

ﺃﻣﺮﺍﺳﻠﺔ al mursalah : berkirim surat

ﺃﻟﺮﻳﺎﺿﺔ ar riyadhah : olah raga

ﺃﻟﺮﺣﻠﺔ ar rihlah : jalan-jalan

ﻛﺮﺓ ﺍﻟﻘﺪﻡ kurratul qadam : sepak bola

ﺃﺍﻟﻜﺘﺎﺑﺔ al kitabah : menulis

ﺍﻟﺴﺒﺎﺣﺔ as siba~hah : renang

ﺃﺍﻟﺮﺳﻢ ar rasm : melukis

tafadhal utk melakukan fusha atau percakapan seputar hobi.

Sebelum kembali fi'I'll kita bahas dulu ttg

KEINGINAN ﺃﻹﺭﺍﺩﺓ

ﻣﺎﺫﺍﺗﺮﻳﺪ؟ ma~za~ turiyd? : kamu ingin apa?

ﺃﺭﻳﺪ ﺃﻥ ﺃﺫﻫﺐ ﺇﻟﻲ ﺍﻟﺤﺎ ﻧﻮﺕ

uridu an adz haba ilal ha~nu~t

saya ingin pergi ke warung

ﻻ ﺃﺭﻳﺪ

la~uriydu : saya tdk ingin...

ﻻﺃﺭﻳﺪﺷﻲءﺍ

la~ uriydu syaia~n : saya tdk ingin apa2

selain uriydu dapat jg menggunakan kata lain yg bermakna "ingin"، yakni :

ﺗﺒﻐﻲ tabghiy

ﻋﺰﻣﺖ 'azamta

cth:

ﺃﺑﻐﻲ ﺍﻟﺴﻔﺮ ﺇﻟﻲ ﻣﺎﻟﺰﻳﺎ

abghiy as safar ila~ ma~liziya

saya ingin berpergian ke Malaysia

ﻋﺰﻣﺖ ﺃﻥ ﺃﺣﺞ ﺇﻟﻲ ﺑﻴﺖ ﺍﻟﻠﻪ

'azamtu an ahujja ila~ baytillah

saya ingin naik haji ke baitullah

apa beda uriydu dgn tabghiy dan 'azam?

bedanya dlm tingkat ke sungguhan.

uriydu mengekspresikan ingin dlm rentang standar atau biasa saja.

tabghiy lebih mau lg

kalau 'azamta itu sdh pd tingkat bertekad sungguh sungguh.

makanya ALLAH berfirman :

ﻓﺈﺫ ﻋﺰﻣﺖ ﻭﺗﻮﻛﻞ ﻋﻠﻲ ﺍﻟﻠﻪ

fa idza 'azamta wataakkal 'alallah

"ketika sudah berkeinginan kuat (tekad) maka bertawakal pd Allah"

Oleh: Rohsyiandi Santika

1 komentar:

Thank you to read. And much more thanks to comment :)

 

Sharing idea. Sharing things. Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon blogger template for web hosting Flower Image by Dapino